Google Translete

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Perhatian :

“Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR Muslim no. 2674).

Selasa, 14 Juni 2011

Aliran Aqidah Mana Yang Paling Benar?

Rosi
Pertanyaan:
Di dalam Islam banyak sekali aliran aqidah, seperti ahlussunn, Jabariyah, Mu‘tazillah dan lain-lain. Lalu aliran mana yang mesti kita ikuti? Terimakasih atas jawabannya.
Jawaban:
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Aqidah yang benar dan lurus serta terjaimin dari kontaminasi adalah aqidah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dijalankan oleh para shahabatnya. Aqidah ini tidak terlalu rumit serta tidak terjebak dengan perdebatan masalah teologis yang membingungkan. Aqidah ini bisa dicerna dengan mudah oleh para ilmuwan, filosof dan rakyat kebanyakan. Aqidah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah aqidah yang diperuntukkan untuk semua kalangan dan tidak kurang kekuatan ilmiyahnya dari pecahan-pecahannya yang sering terjebak beradu argumen dengan aliran teologi barat yang cenderung asyik bermain di wilayah logika semata. Satu lagi keistimewaaan aqidah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah aqidah ini mampu menanamkan jiwa dan ruh serta kekuatan luar biasa ke dalam hati para penganutnya, sehingga mampu mengubah kehidupan miskin dan terbelakang menjadi peradaban besar dunia yang eksis bukan hanya pada masalah ukhrawi tetapi juga masalah duniawi.
Sedangkan aliran-aliran ilmu kalam itu tidak pernah melahirkan sebuah gerakan besar, bahkan cenderung melahirkan orang-orang yang berpikir nyeleneh dan menyimpang dari kehidupan normal. Kadang-kadang mengaku jadi tuhan, kadang-kadang mengatakan bahwa tuhan menyatu dalam dirinya dan kadang-kadang lagi menyatakan dirinya tidak butuh lagi dengan nabi dan rasul karena kedudukannya sudah sama. Sedangkan aqidah yang diajarkan Rasulullah SAW ini telah sukses mengantarkan masyarakat gurun yang tadinya menyembah batu dan kurma berubah seratus delapan puluh derajat menjadi tatanan masyarakat baru yang maju, modern dan berkebudayaan tinggi.
Dengan aqidah ini, seorang budak mampu berdiri tegak di depan raja-raja dunia sambil menawarkan pilihan untuk masuk Islam, bayar jizyah atau perang. Dengan aqidah ini, generasi pertama umat ini mampu menaklukkan tiga imperium besar dunia dan mengantarkan masyarakatnya menuju pintu gerbang kehidupan kosmopolitan yang besar dan disatukan dalam sebuah khilafah terbesar sepanjang sejarah. Dan yang tidak kalah penting untuk diketahui, aqidah ini tidak akan pernah hilang di telan zaman, karena semua doktrin dan ajarannya telah diabadikan dalam kitab suci abadi hingga akhir zaman. Dalam istilah baku apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ini adalah aqidah ahli sunnah wal jamaah, yaitu aqidahnya orang yang mengukuti sunnah Rasulullah SAW dan jamaah shahabatnya.
Wallahu a‘lam bishshowab. Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.
sumber:http://www.syariahonline.com/v2/aqidah/aliran-aqidah-mana-yang-paling-benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Paling Populer

Source : http://adibey.blogspot.com/2010/07/cara-membuat-recent-comment-di-blog.html#ixzz1Qa830wmG